Kamu sudah mau lulus SMA? Mau kuliah donk? atau masih ragu-ragu? Nah, mari simak beberapa hala yang mungkin dapat membuat kamu yakin mengapa harus lanjut kuliah. Alasan-alasan berikut akan menunjukkan gambaran tentang apa saja yang bisa kamu dapatkan saat berkuliah dan menjadi mahasiswa di perguruan tinggi.

Kuliah atau formalnya disebut jenjang pendidikan tinggi adalah lanjutan dari pendidikan menengah atas. Lebih tepatnya, kuliah adalah langkah yang harus kamu tempuh untuk mendapatkan spesialisasi, kemampuan, dan keahlian dalam suatu bidang. Tentunya ada banyak sekali bidang ilmu dan jurusan kuliah yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Kuliah juga akan memberikan kamu banyak pengetahuan spesifik tentang dunia keilmuan, dunia kerja, softskill, koneksi, pengalaman, dan sebagainya. Berikut ini alasan mengapa kuliah setelah SMA itu penting: 

1. Keahlian Semakin Bertambah dan Spesifik

Hal pertama mengapa kalian harus berkuliah adalah meningkatkan keahlian dan menjadikannya lebih spesifik. Berkuliah bisa membantu meningkatkan keahlian yang kalian miliki sebelumnya. Kalian bisa memilih jurusan kuliah dengan minat dan bakat yang kalian miliki. Nantinya ketika berkuliah, kalian akan fokus pada satu bidang saja.

Beda halnya ketika kalian di SMA, kalian harus mempelajari banyak hal secara mendasar. Di dunia kuliah kalian hanya mempelajari satu fokus bidang yang kalian pilih. Sehingga kalian dipastikan akan memahami secara utuh bidang tersebut. Tidak menutup kemungkinan nantinya kalian juga akan mempelajari mata kuliah antar-bidang, namun masih dalam lingkup atau fokus yang sama.

2. Lebih Siap dalam Bekerja Nantinya

Hal kedua yang memperkuat alasan kalian harus berkuliah yaitu menjadikan diri kalian lebih siap dalam bekerja nantinya. Dengan banyak pengalaman, baik itu teori maupun praktik ketika kuliah menjadikan kalian akan lebih siap menghadapi dunia kerja. Hal tersebut yang menjadikan modal kalian ke depannya dalam persaingan kerja.

Selain itu, di perkuliahan sendiri nantinya kalian akan dihadapkan pada situasi pemecahan masalah menggunakan konsep-konsep yang ada. Dengan berkuliah kalian memiliki pengetahuan akan konsep pemecahan suatu masalah yang lebih efektif. Hal lain juga di zaman sekarang banyak perusahaan yang menyarankan pekerja atau pegawainya memiliki jenjang studi minimal S1. Dengan berkuliah juga bisa memperbesar peluang kalian dalam mencari kerja.

3. Mendapatkan Banyak Koneksi

Hal ketiga yang kalian harus pertimbangkan mengapa harus kuliah adalah koneksi. Maksud dari koneksi sendiri adalah link atau kenalan. Dengan berkuliah, secara langsung maupun tidak langsung kalian akan mengenal orang-orang yang fokus pada satu bidang yang sama atau bahkan bidang lain.

Hal ini merupakan keuntungan bagi kalian, karena dengan banyaknya koneksi yang didapat itu artinya banyak peluang atau kemudahan yang akan kalian dapat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa koneksi merupakan salah satu hal yang penting ketika memasuki perkuliahan dan akan dirasakan ketika bekerja. Banyak pengalaman dari orang-orang mendapatkan ilmu, pengalaman, pekerjaan, atau proyek-proyek dari koneksi yang sudah dibangun. So, pastikan ketika berkuliah bangunlah koneksi sebanyak-banyaknya.

4. Pengalaman Akademik yang Mumpuni

Hal keempat yang bisa kalian dapatkan adalah pengalaman akademik. Hal ini bisa menjadi modal dalam kalian menghadapi dunia kerja. Tidak bisa dipungkiri dengan memiliki pendidikan tinggi, kita akan mampu memecahkan permasalahan dengan konsep yang sudah dipelajari. Hal ini karena kita mempelajari suatu bidang keilmuan secara lebih mendalam, spesifik, dan komprehensif.

Semakin banyak kita memiliki pengalaman, maka akan semakin terbiasa juga kita dalam menghadapi suatu permasalah dengan konsep-konsep yang serupa. Maka dari itu, tidak heran banyak pencari pekerja yang lebih menginginkan seseorang yang memiliki pengalaman dan keahlian spesifik di bidang tertentu.

5. Peluang Kerja akan Semakin Besar

Hal kelima atau terakhir dalam list ini adalah, kesempatan kalian dalam mencari pekerjaan akan semakin besar. Banyak dari pencari pekerja yang memiliki syarat minimal untuk pekerjanya di jenjang S1. Dengan berkuliah, kalian akan memperbesar kesempatan akan memenuhi syarat-syarat tersebut.

Selain itu, dengan banyaknya koneksi yang didapat juga bisa menambah peluang kalian dalam mendapatkan pekerjaan. Memang tidak ada yang bisa memastikan dalam mendapatkan sebuah pekerjaan. Namun, dengan berkuliah kalian akan memperbesar peluang dalam bekerja.

__________________

Nah, sobat Polraf, itu dia beberapa alasan pentingnya kalian harus berkuliah. Politeknik Raflesia sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta juga selalu meningkatkan kualitasnya untuk memberikan layanan pendidikan terbaik serta terus bersaing untuk menjadi menjadi perguruan tinggi unggulan di bidangnya.

Simak juga informasi pendaftaran dan seleksi mahasiswa baru Politeknik Raflesia di:

Jadwal PMB Politeknik Raflesia 2023